Skip to content

Media Massa Dalam Perubahan Sosial

4 February 2011

Nama: Septiana Pratiwi

NIM: DICI09081

Prodi: Ilmu Komunikasi – Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politiik – Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin

Mata Kuliah: Sosiologi Komunikasi

Media Massa Dalam Perubahan Sosial

Oleh: Septiana Pratiwi

Dewasa ini, media massa sangat berperan penting dalam perubahan sosial. Kita tidak bisa meremehkan peran media massa terhadap perubahan sosial. Media massa saat ini memang cenderung mengarah pada misi influence (mempengaruhi) khalayak. Bahkan tanpa adanya misi tersebut, media massa secara otomatis akan mempengaruhi masyarakat. Mulai dari media massa yang berbentuk organisasi di sebuah institusi atau asosiasi. Sampai media massa yang berbentuk perusahaan besar atau industri. Semuanya mempengaruhi khalayak. Tidak bisa dipungkiri bahwa peran media massa dalam perubahan stuktur masyarakat sangatlah besar. Media massa adalah tempat yang tepat dan strategis untuk dapat melakukan perubahan dalam masyarakat.

Perubahan itu sendiri memiliki dua sisi, positif dan negatif. Kita bisa mengambil contoh sisi positifnya, sesuai dengan salah satu karakteristik komunikasi massa dan fungsi media massa, yaitu memberikan isi pesan atau informasi yang menyangkut kepentingan khalayak luas. Namun disini, kepentingan khalayak luas yang dikemas menuai perhatian masyarakat yang berlebihan.

Masyarakat seakan dihipnotis dengan pemberitaan-pemberitaan inovasi seperti gaya hidup sehat, penyelamatan lingkungan dan bumi, psikologi, pendidikan dan lain-lain. Lalu perubahan-perubahan itu kian muncul dalam lingkungan masyarakat. Komunikasi antar masyarakat semakin aktif dalam kehidupan. Dan akhirnya informasi yang disyiarkan media massa menjadi petunjuk hidup masyarakat. Kebutuhan hidup masyarakat. Bahkan informasi yang didapat dari media massa pun dapat menjadi pedoman hidup masyarakat yang sangat konkrit.

Media massa juga berperan penting dalam keterbukaan kegiatan pemerintahan kepada masyarakat. Hal ini merupakan hal terpenting karena masyarakat dapat berpartisipasi dalam pembangunan Negara. Keterkaitan masalah yang dialami Negara. Bahkan media massa sekarang dapat dikatakan wakil rakyat-nya masyarakat daripada DPR. Karena lewat media massa, aspirasi rakyat tersalurkan dengan cepat. Media massa seakan mengerti apa yang sekarang gencar dirasakan oleh masyarakat. Contohnya saja sebuah stasiun televisi yang membuat program talk show dimana mereka menumpahkan segala komentar dan kritik kepada pemerintah. Perubahan sosial dalam hal ini terus aktif. Masyarakat yang tadinya tidak kritis dengan pemerintah berubah menjadi kritis dan merasa peduli dengan apa yang dilakukan pemerintah. Sehingga pemerintah perlu mengambil langkah yang tepat dan berpikir sekali lagi.

Sisi negatifnya, peran influence media massa kepada khalayak umum semakin mendukung aliran westernisasi di Negara timur kita. Kita bisa mengambil contoh stasiun televisi menayangkan film remaja dengan adegan sepasang remaja yang berpacaran di muka umum. Tidak menjadi persoalan di Negara barat sana, namun di Negara kita yang masih menjunjung tinggi moral dan akhlak sangat jadi masalah. Tak heran jika tingkat kehamilan diluar nikah remaja di Indonesia tinggi. Ditambah lagi gaya hidup barat yang tidak jarang merusak moral bangsa ini.

Selain itu, pemberontakan terhadap pemerintahan adalah hasil pengaruh dari media massa juga. Katakanlah jika sebuah stasiun televisi atau koran secara tidak langsung mengkritik pemerintah secara dramatis dan lebay, otomatis lama kealamaan khalayak akan unjuk rasa besar-besaran.

Masih banyak hal-hal lain yang telah kita ketahui tentang sisi negatif dibalik peran media massa dalam perubahan sosial di era ini. Namun dalam hal ini, yang perlu dipertanyakan adalah, apakah media massa adalah penyebab rusaknya masyarakat, atau sebaliknya, menjadi terpengaruh oleh masyarakat dan hanya menjadi iring-iringan sosial masyarakat yang memang sudah rusak daridulu. Pertanyaan ini menjadi subjek yang sangat sulit dinilai karena Media massa dalam perubahan sosial terlahir bersama-sama dan saling timbal balik. []

By Septiana Pratiwi cheerss…🙂

2 Comments leave one →
  1. 4 February 2011 12:09

    wie, link back blog q http://bayusmart.wordpress.com punyamu dah q pasang di link temen blogq

    • 10 February 2011 08:58

      udah.. tp aku pake link manual… wkwk.. link punyaku juaaa..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: